Thursday , September 21 2017
Breaking News
You are here: Home / 2011

2011

NO
BULAN
KEGIATAN
KETERANGAN
1.
20-22 Januari 2011
Workshop Pengembangan Struktur Organisasi PUSKAPOL DIP FISIP UI
Wokshop ini dilakukan selama 2 hari di Green Sentul Indah Hotel & Resort, Jln Raya Golf Hills, Desa Tangkil, Sentul – Bogor. Dengan tujuan untuk Melakukan kajian tentang efektivitas struktur organisasi Puskapol FISIP UI yang berlaku saat ini untuk menjalankan rencana strategis (Renstra) organisasi sesuai visi dan misinya. Dan Menata kembali/mengembangkan struktur organisasi dimaksud berdasarkan hasil kajian tersebut di atas. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Puskapol dengan The Asia Foundation.
2.
28-29 Januari 2011
Pelatihan Metodologi Dalam Penelitian Ilmu Sosial
Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari di hotel Bumi Wiyata depok dengan Narasumber bapak Thamrin Amal Tamagola. Tujuan dari pelatihan ini adalah penyegaran dan pendalaman pengetahuan dan keterampilan penelitian bagi peneliti ilmu politik.
3.
4-5 Februari 2011
Pelatihan Teknis dan Analisis Statistik Dalam Penelitian Ilmu Sosial.
Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Bumi Wiyata Depok dengan Narasumber:Prof.Dr. Hamdi MulukDiikuti 20 orang: pengurus harian, pengajar muda di DIP, dan mahasiswa yang magang riset di Puskapol dengan tujuan Memperkuat asumsi dasar statistik dalam riset kuantitatif.Memperkuat teknik statistik sosial.
4.
4 Maret 2011
Evaluasi Satu Dekade Desentralisasi Politik
Diskusi Cluster Desentralisasi ini di laksanakan di SSMC Gedung C Lantai 2, dengan Narasumber Bapak Dr. Vedi Hadiz. Ringkasan  hasil diskusi ini adalah Desentralisasi muncul dari literatur neo liberal dan neo institusional yang melekat pada lembaga pembangunan internasional spt World Bank, ADB, USAID, dll. Desentralisasi memperkuat jaringan patronase orde baru di tingkat lokal, mereka tersebar dan menikmati otonomi daerah.CSO sulit berkembang, sebagian menjadi pendukung patronase.
5.
11 Maret 2011
Representasi Politik Melalui Partai Politik: Mungkinkah?
Diskusi ini adalah diskusi Cluster Representasi yang bertujuan untuk memetakan permasalahan representasi oleh partai politik Indonesia. Kegiatan ini di laksanakan di SSMC Gedung C Lantai 2 dengan Narasumber Bapak Dodi Ambardi.
6.
18 Maret 2011
Memahami Dinamika Politik Lokal di Era Desentralisasi Di Indonesia”. 
Diskusi cluster Desentralisasi ini adalah lanjutan dari seri diskusi yang di selenggarakan oleh PUSKAPOL, kegiatan diskusi ini di laksanakan di SSMC Gedung C Lantai 2 FISIP UI dengan Narasumber Bapak Dr. Syarif Hidayat.Ringkasan  hasil diskusi tersebut adalah UU Desentralisasi tidak bersifat transisionis sehingga ada masalah dalam implementasi. Desentralisasi politik tidak dominan dibanding administratif. Politik lokal menuai masalah dalam hal representasi, partisipasi, tidak transparan.
7.
25 Maret 2011
Kelembagaan Partai dan Party Survival
Diskusi Cluster Representasi ini di laksanakan di SSMC gedung C lantai 2 FISIP UI, dengan Narasumber Nico Harjanto. Ringkasan dan hasil Diskusi adalah  Menjelaskan partai politik bisa bertahan dengan perbandingan beberapa negara.Apakah partai yang terlembaga bisa bertahan?Partai yang eksis pada masa otoriter ternyata bisa bertahan pada era demokrasi.
8.
3 Mei 2011.
Penandatanganan Memorandum of Understanding antara Pusat Kajian Politik dengan Korean Women’s Develoment Institute (KWDI) – 
MoU ini merupakan kesepakatan kedua lembaga untuk melakukan riset tentang perempuan di Indonesia selama 5 tahun (2011 – 2015). Bentuk kegiatan dapat berupa riset, workshop/forum diskusi, atau pertukaran peneliti. Tema tiap kegiatan riset dapat ditentukan bersama sesuai dengan kebutuhan atau kondisi di waktu tertentu.
9.
06 Mei 2011
Metode analytical hierarchy process (AHP) dan indeks
Dengan narasumber Narasumber:Prof.Dr. Hamdi MulukDiikuti 20 orang: pengurus harian, pengajar muda di DIP, dan mahasiswa yang magang riset di Puskapol. Dengan tujuan untuk Memberikan penjelasan tentang metode AHP untuk menghasilkan indeks. Kelebihan dan keterbatasan metode AHP. Kebermanfaatan AHP bagi riset politik.
10.
07 Mei 2011
Analisis Wacana (Discourse)
Narasumber:Dr. Thamrin Amal TomagolaDiikuti 20 orang: pengurus harian, pengajar muda di DIP, dan mahasiswa yang magang riset di Puskapol. Tujuannya adalah untuk Memperkuat pemahaman tentang analisis wacana sebagai metode dalam riset kualitatif. Memberikan pemahaman penggunaan analisis wacana dalam riset ilmu politik.
11.
9 Mei 2011
Memeriksa data pemilukada 2010
Kegiatan ini dilaksanakan di ruang meeting Miriam Budiardjo Research Center dengan narasumber Ibu Endang Sulastri, M.Si (Anggota KPU).
12.
18 Mei 2011
Diskusi Ahli: Pengembangan program fasilitasi dan penguatan pemilihan umum kepala daerah
Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama PUSKAPOL dengn AUSAID, kegiatan penelitian tersebut adalah melakukan pembobotan atas variabel dan  indikator penelitian oleh para ahli. Kegiatan ini di laksanakan di Hotel Sultan.
13.
27 Mei 2011
Penyusunan Indeks Pelembagaan Partai”
Diskusi ini akan membahas berbagai faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyusun suatu indeks pelembagaan partai, pemilihan variabel dan indikator, serta berbagai permasalahan yang kemungkinan muncul dalam penyusunan indeks tersebut. Diskusi ini dilaksanakan di SSMC gedung C lantai 2 dengan Narasumber Sunny Tanuwidjaja (CSIS).
14.
07 Juni 2011
Diskusi Ahli Tentang: Grand Design Pendidikan Kebangsaan.
Diskusi ahli ini di laksanakan di hotel Santika KS Tubun Jakarta, diskusi ini dilakukan dalam rangka persiapan  pembentukan Pusat Pandidikan Kebangsaan PPK-UI di Universitas Indonesia.
15.
9-11 Juni 2011
Workshop rencana  Strategis Pusat Pendidikan Kebangsaan
Workshop tersebut bertujuan untuk menyusun rencana strategis, meliputi visi, misi isu strategis  dan arahan program kerja dalam lima tahun. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Novotel Bogor.
16.
14 Juli 2011
Pelatihan Penulisan
bertujuan memberikan pengetahuan dasar-dasar menulis ilmiah dan teknik penulisan. Narasumbernya adalah Masmimar Mangiang (Dosen Komunikasi FISIP UI/mantan jurnalis).  Pelatihan diikuti oleh 20 orang, terdiri dari peneliti Puskapol dan pengajar muda di departemen ilmu politik.
17.
21-25 juli 2011
Pelatiahn Sumber Daya Manusia di Bidang Demokrasi (Pancasila di Rumah Kita)
Kegiatan pelatihan ini adalah bagian dari proses pengembangan model pelatihan partisipatif bagi pendidikan kebangsaan di Indonesia. Acara ini di selenggarakan di hotel Novotel Bogor selama 5 hari.
18.
25 Juli 2011
Lokakarya Pengembangan Organisasi PPKI-UI
Lokakarya ini bertujuan untuk  menyusun rencana model organisasi dan struktur kelembagaan PPK UI, yang nantinya diharapkan melibatkan berbagai pihak yang memiliki perhatian dan komitmen di bidang pendidikan kebangsaan. Acara ini di selenggarakan di hotel Grand Kemang.
19.
27-29 Juli 2011
Hasil Studi Banding ke Manila
Studi banding ke Manila dilakukan pada 27-29 Juli 2011 dengan mengunjungi tiga lembaga yaitu The Third World Study Center (TWSC), the University of Philippines, LaSalle Institute of Governance (LSIG) – de La Salle University, Institute for Popular Democracy (IPD)
20.
28 Juli 2011
Penyusunan Kerangka Acuan Kurikulum Pendidikan Kebangsaan PPK-UI
Kegiatan ini bertujuan untuk  menyusun rancangan umum kurikulum pendidikan kebangsaan yang nantinya akan menjadi pedoman bagi penyusunan kurikulum dan materi ajar. Acara ini di laksanakan di hotel Grand Kemang.
21.
Juli 2011-Agustus 2012
Riset Perempuan Dalam Birokrasi 
Riset ini didukung oleh the Asia Foundation dan Norwegian Embassy. Tujuan riset ini adalah mendapatkan data jumlah perempuan dalam birokrasi di tingkat nasional, faktor-faktor yang mendukung atau menghambat perkembangan karir perempuan dalam birokrasi, serta menghasilkan rekomendasi kebijakan yang dapat mendorong peningkatan jumlah perempuan dalam birokrasi.
22.
(Juli 2011 – Agustus 2012)
Riset Ormas Perempuan 
Riset ini didukung oleh The Asia Foundation dan Norwegian Embassy, dilakukan di Jawa Barat dan Banten. Riset bertujuan mengidentifikasi dan memetakan ormas yang berperan dalam mendorong partisipasi dan perwakilan perempuan dalam politik, serta bagaimana hubungan antara perempuan anggota DPRD di kedua provinsi dengan ormas-ormas di wilayah masing-masing. Terakhir, riset bertujuan menghasilkan rekomendasi kebijakan dalam mengelola ormas dan kelompok-kelompok masyarakat di kedua provinsi agar dapat lebih baik dalam membentuk dan melakukan strategi pemberdayaan politik perempuan.
23.
September 2011
Riset menentukan daerah target program penguatan Pemilukada tahun 2011-2012 
Dalam riset ini – Puskapol diminta untuk menentukan daerah-daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah langsung pada tahun 2011-2012 yang akan menjadi prioritas untuk diintervensi oleh AusAID. Kegiatan riset termasuk melakukan pengumpulan data pemilukada-pemilukada di tahun 2011-2012, melakukan indexing wilayah-wilayah prioritas, melakukan pengumpulan data kualitatif, serta analisis terhadap index dan data kualitatif.
24.
15 Oktober 2011
Pelatihan Fasilitator dan FGD
Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para peneliti Puskapol dalam melakukan fasilitasi focus group discussion yang sering dilakukan dalam penelitian-penelitian Puskapol.Kegiatan Ini di laksanakan di Hotel Bumiwiyata Depok dengan narasumber Bapak Mahmudi REMDEC
25.
26-28 Oktober 2011
Studi Banding ke Singapura
Studi banding ke Singapura dilakukan pada 26-28 Oktober 2011, berkunjung ke tiga lembaga yaitu Rajaratnam School for International Studies (RSIS), ISEAS, dan Asia Research Institute (ARI).
26.
Oktober 2010 – November 2011
Riset Indeks Demokrasi Asia 
Dalam riset ini, Puskapol tergabung dalam Konsorsium Indeks Demokrasi Asia bersama Democracy and Social Movement Institute, Sungkonghoe University Korea Selatan, dan the Third World Study Center University of Philippines. Riset ini menghasilkan angka index demokrasi di Indonesia dilihat dari tiga aspek: politik, ekonomi, dan masyarakat sipil.  Indeks Indonesia kemudian dibandingkan dengan indeks di Korea Selatan dan Filipina. Pada dasarnya riset ini ingin menggali praktek demokrasi di Asia yang diyakini memiliki keunikannya, karena indeks demokrasi seperti yang dibuat oleh berbagai lembaga di negara-negara demokrasi maju dirasakan tidak dapat memberikan gambaran demokrasi yang sebenarnya di Asia.
27.
25 November 2011
Seminar Publik : Seminar Publik (De) Monopolization of Democrascy In Asia: Cases of Indonesia, Philippines dan South Korea
Seminar Publik (De) Monopolization of Democrascy In Asia: Cases of Indonesia, Philippines dan South Korea ini dilaksanakan di Auditorium AJB Bumiputera FISIP UI kerjasama Puskapol, Pasca Politik dan Demos.