Satu Dekade Perjalanan Puskapol UI: Mewujudkan Tata Kelola Politik yang Demokratis, Adil, dan Setara

(10 Januari 2017) Pusat Kajian Politik FISIP Universitas Indonesia (Puskapol UI) merupakan sebuah lembaga riset yang berada di bawah Departemen Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia. Dalam sepuluh tahun perjalanannya, Puskapol telah bertransformasi bukan hanya sebagai lembaga riset dan think tank yang sekadar memproduksi pengetahuan tetapi juga turut terlibat bersama elemen-elemen masyarakat sipil, gerakan, serikat, dan warga untuk memastikan hasil kajian yang dilakukan menjadi suatu kebijakan melalui advokasi-advokasi yang dilakukannya. Selain itu Puskapol UI juga berupaya hadir di tengah warga masyarakat, melalui beragam pendidikan politik yang mendorong partisipasi politik warga di tingkat lokal hingga nasional dalam kerangka mewujudkan tata kelola politik yang demokratis, adil, dan setara.
Perjalanan yang dimulai sejak tahun 2006 memiliki titik balik krusial dalam penguatan dan revitalisasi kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia, diinisiasi pada tahun 2011 dan 2012 melalui program knowledge sector telah berkontribusi bagi kemampuan Puskapol untuk bertansformasi bukan hanya dalam manajemen kelembagaan yang lebih adil dan demokratis, tetapi juga dalam paradigma risetnya. Posisi paradigma riset Puskapol telah bertransformasi dalam paradigma kritis yang berupaya mensinergikan antara produksi pengetahuan dalam riset, serta upaya-upaya konkrit mendeliberasikan pengetahuan tersebut dalam transformasi sosial baik melalui pelatihan maupun program penguatan partisipasi warga.
Hal tersebut menjadikan Puskapol bukan hanya sebagai lembaga kajian yang sekadar memproduksi pengetahuan dari hasil riset yang ketat secara metodologi, tetapi juga turut memastikan bagaimana pengetahuan yang diproduksi mampu disampaikan kepada masyarakat (melalui rangkaian pelatihan dan program intervensi) terutama di ruang terkecil dalam konteks lokal dan dimulai dari bawah. Selain juga disampaikan untuk memengaruhi pembuatan kebijakan dari para policy maker.
Sebagai refleksi atas dinamika sebuah lembaga kajian dalam menghadapi sejumlah tantangan, kami mengadakan acara peluncuran buku Satu Dekade Puskapol UI “Beyond Projects” dan diskusi yang bertajuk “Satu Dekade Perjalanan Puskapol UI: Mewujudkan Tata Kelola Politik yang Demokratis, Adil, dan Setara”. Diskusi ini membahas berbagai tantangan lembaga riset dalam memperkuat kapasitas kelembagaan, menemukan arah paradigma yang menunjang visi perubahan, menentukan orientasi dan keberpihakan, memilih fokus isu dan kajian, serta mempertahankan integritas. Berbagai tantangan tersebut seringkali menghadapkan pada pilihan-pilihan yang tidak mudah bagi lembaga riset berbasis Universitas. Hasil diskusi ini diharapkan dapat memberikan evaluasi dan kritik atas sepuluh tahun perjalanan Puskapol UI, serta masukan dan saran bagi perkembangan ke depan. Sebagai narasumber diskusi, kami mengundang Sri Budi Eko Wardani (Direktur Puskapol UI periode 2012-2016), Hans Antlov (Knowledge Sector Initiative), Daniel Dhakidae (PRISMA), Ruth Indiah Rahayu (Inkrispena).
Bahan diskusi dan presentasi dari narasumber dapat diunduh di tautan berikut:
Download disini: