Thursday , June 22 2017
Breaking News
You are here: Home / Puskapol dalam Media / Aplikasi Data Politik Ala Puskapol Fisip UI

Aplikasi Data Politik Ala Puskapol Fisip UI

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA —  Pusat Kajian Politik Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (Puskapol FISIP UI) telah meluncurkan sebuah aplikasi ponsel pintar berbasis Android bernama Data Politik.

Aplikasi ini akan menjadi  pangkalan data online dan dapat diakses melalui situs datapolitik.org.

Kepala Humas UI Rifelly Dewi Astuti menjelaskan data yang ada dalam plikasi ini bertujuan agar bisa menjadi sumber rujukan. Menurut dia, para mahasiswa dan dosen bisa memperoleh rujukan saat melakukan analisis, pengambilan kebijakan dan produksi pengetahuan.

“Baik di bidang politik, sosial maupun ekonomi,” terang Rifelly melalui siaran pers, Senin (6/7).

Rifelly juga mengungkapkan, aplikasi ini tidak hanya didapatkan oleh mahasiswa dan akademisi UI. Menurutnya, masyarakat sipil, praktisi dan media bisa memperoleh manfaat dari aplikasi tersebut.

Data Politik merupakan aplikasi berbasis pada aplikasi GIS dan Geospasial. Menurutnya, aplikasi ini  mencakup data dan informasi politik Indonesia, termasuk data hasil pemilu.

Rifelly menerangkan, beragam data  tersedia saat ini pada aplikasi tersebut. Misal, kata dia, data tentang perolehan suara partai hasil pemilu legislatif 2009 dan 2014. Kemudian, dia melanjutkan, terdapat pula data ihwal perolehan suara pilpres 2014 dan perolehan kursi pileg 2009 dan 2014.

Data dan informasi pada aplikasi itu, menurut Rifelly, tidak hanya ditampilkan dalam bentuk numerik atau kuantitatif. Akan tetapi, kata dia, berbentuk kategorik, naratif dan kualitatif yang berbasis pada spasial juga tersaji pada aplikasi ini.

COPYRIGHT © REPUBLIKA 2015