Puskapol FISIP UI luncurkan aplikasi “Data Politik”

Jakarta (ANTARA News) – Pusat Kajian Politik Fakultas Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (Puskapol FISIP UI) meluncurkan sebuah aplikasi ponsel pintar berbasis android bernama “Data Politik“.
Menurut Peneliti Puskapol FISIP UI Dirga Ardiansa, “Data Politik” mampu menampilkan data dan informasi mengenai distribusi hasil perolehan suara dan kursi partai politik di seluruh kabupaten atau kota maupun provinsi.
“Pengguna dapat secara interaktif menampilkan, menyeleksi, membandingkan data yang diinginkan,” kata Dirga dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Senin.
Ia mengatakan tampilan peta spasial yang mencakup seluruh wilayah Indonesia akan memudahkan anda melakukan analisis geopolitik kekuatan partai politik di Indonesia.
“Dalam pengembangannya, “Data Politik” tidak hanya menghasilkan “database” hasil pemilu saja melainkan juga menyediakan data variabel penunjang berbasis spasial kabupaten atau kota, baik data sosial dan data ekonomi dari berbagai sumber resmi lain untuk ditampilkan dalam proyeksi peta spasial,” tuturnya.
Sebagai pangkalan data online, kata Dirga, “Data Politik” juga dapat diakses melalui situs datapolitik.org.
“Data yang disajikan dalam situs maupun aplikasi tersebut diharapkan dapat menjadi sumber rujukan saat melakukan analisis, pengambilan kebijakan, dan produksi pengetahuan di bidang politik, sosial, dan ekonomi maupun oleh para akademisi, masyarakat sipil, praktisi, maupun media,” kata Dirga.
“Data Politik” merupakan aplikasi berbasis pada aplikasi GIS dan Geospasial yang mencakup data dan informasi politik Indonesia, termasuk data hasil pemilu.
Beragam data yang tersedia saat ini adalah perolehan suara partai hasil pemilu legislatif 2009 dan 2014, perolehan suara pilpres 2014, dan perolehan kursi pileg 2009 dan 2014.
Data dan informasi tidak hanya ditampilkan dalam bentuk numerik atau kuantitatif tetapi juga kategorik atau kualitatif yang berbasis pada spasial.
Sejumlah data yang akan diintegrasikan kedatapolitik.org diantaranya data potensi konflik di seluruh kabupaten atau kota, data pelanggaran HAM di seluruh kabupaten atau kota, data upah minimum kabupaten atau kota, data pejabat gubernur, wali kota, dan bupati.
Selain itu, terdapat juga data berbagai indeks (indeks demokrasi, indeks pelembagaan partai, indeks kesetaraan gender, dan indeks tata kelola pemerintahan) berbasis pada kabupaten atau kota.
Pada Jumat (23/6) lalu di Jakarta, telah diluncurkan salah satu produk hasil olahan “Data Politik” yaitu buku data kursi DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten atau Kota hasil Pemilu 2014.
“Data Politik” dapat diunduh pada tautan berikut inihttps://play.google.com/store/apps/details?id=com.grm.datapolitik_wv

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2015