September 17, 2015   puskapol ui     Category: Uncategorized .

 potret

Kategori  : Buku
Tim Penyusun  : Heru P. Samosir, Juliana Ikasarana, Mia Novitasari, Anna Margret, Yolanda Panjaitan.
Halaman    : 140
ISBN          : 978-602-73036-0-7
Penerbit    :  Pusat Kajian Politik FISIP UI
Tahun        :  2015

IDR           : 50.000,- 

Deskripsi Buku:

Pemilu 2014 yang terdiri pemilu legislatif (April) dan pemilu presiden-wakil presiden (Juli) berakhir dengan sejumlah catatan untuk perbaikan ke depan. Rakyat pun kembali pada rutinitas kehidupannya, sembari mengawasi kinerja para pemimpinnya di legislatif dan eksekutif dalam memperjuangkan kepentingan rakyat.

Siapakah para wakil rakyat yang terpilih itu? Apa latar belakang mereka? Pertanyaan itulah yang melatarbelakangi Puskapol, dengan dukungan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP & PA), untuk mengadakan riset bertema profil anggota legislatif 2014-2019. Ada sejumlah alasan pentingnya riset ini filakukan. Dengan mengetahui profil politik anggota legislatif yang terpilih — seperti informasi mengenai jenis kelamin, usia, pendidikan, latar belakang pekerjaan, asal daerah pemilihan, perolehan suara, nomor urut pencalonan, dan sebagainya — masyarakat bisa mengenal lebih jauh profil wakil rakyat mereka. Selain itu, informasi sepeti jumlah inkumben yang terpilih lagi, gambaran hubungan kekerabatan wakil dengan tokoh atau elit politik, serta perbandingan keterpilihan laki-laki dan perempuan sebagai anggota legislatif merupakan data penting untuk melihat perkembangan kondisi representasi politik selama reformasi ini.

Penelitian ini melakukan analisis data secara terpilah yaitu laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan gambaran profil anggota legislatif secara komperhensif. Terlebih keterwakilan politik perempuan di legislatif merupakan isu penting karena adanya kebijakan afirmatif yang

Terbaru

KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  NO PASANGAN CALON SUARA PARTAI PENDUKUNG 1 FATMAWATI RUSDI, SE ABDUL MAJID HAFID, SE., M. Si 67.470 38.98%... more ...

KABUPATEN PINRANG

  NO PASANGAN CALON SUARA PARTAI PENDUKUNG 1 IR. H. ABDUL LATIF, M.Si, MM, IPM H. USMAN MARHAM 81.087... more ...