Buku Panduan Pendidikan Pemilih tentang Transaksi Politik dalam Pemilu

February 13, 2015   puskapol ui     Category: Uncategorized .

Kategori Buku

cover buku ppanduan pendidikan pemilih Kategori  : Buku Panduan
Penulis    : Anna Margret, Cristina Dwi Susanti, Dirga Ardiansa, Fariz Panghegar, Inggrid Silitongga, Irwansyah, Mia Novitasari, Nurul Nurhandjati, Sri Budi Eko Wardani, Veri Junaedi
Halaman : 85
ISBN         : 978-979-19089-8-6
Penerbit :  Puskapol FISIP UI
Tahun     :  Januari 2014

IDR: 50.000,-

 

Deskripsi Buku:

Pusat Kajian Politik FISIP UI dan Lembaga Kajian Hak Asasi Manusia dan Demokrasi (DEMOS) menyusun Buku Pannduan Pendidikan Pemilih tentang Transaksi Politik dalam Pemilu ini dengan maksud menawarkan sebuah cara pandang menghadapi fenomena politik transaksional yang korup, tertutup, melanggar hukum, melemahkan kepentingan warga dalam jangka panjang. Cara pandang itu adalah menerima transaksi politik sebagai keniscayaan dalam praktik demokrasi kita, lalu bertindak mengubah transaksi politik yang negatif (non programatik) kea rah yang programatik bertumpu pada kepentingan warga dalam proses alokasi dan  distribusi sumber daya. Melalui strategi “Tahu, Mampu, Awasi”, warga mampu mengorganisir diri dalam mengartikulasikan aspirasi/ kepentingannya, mampu membangun komunikasi secara setara dengan kandidat jabatan politik, dan mampu mengawasi kerja-kerja kandidat terpilih setelah pemilu.

Buku panduan ini merupakan upaya mengisi “ruang kosong” pendidikan politik yang berfokus pada kepentingan warga dalam jangka panjang. Salah satunya melalui momen pemilu yang merupakan siklus lima tahunan. Sebagai tahap awal, buku panduan ini ditargetkan untuk para aktivis/ kelompok pendamping warga . Tujuannya memampukan warga mengorganisir diri dalam berhubungan dengan kandidat selama siklus pemilu.

Terbaru

KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  NO PASANGAN CALON SUARA PARTAI PENDUKUNG 1 FATMAWATI RUSDI, SE ABDUL MAJID HAFID, SE., M. Si 67.470 38.98%... more ...

KABUPATEN PINRANG

  NO PASANGAN CALON SUARA PARTAI PENDUKUNG 1 IR. H. ABDUL LATIF, M.Si, MM, IPM H. USMAN MARHAM 81.087... more ...