Kerja Untuk Rakyat: Buku Panduan Anggota Legislatif (edisi Revisi)

February 13, 2015   puskapol ui     Category: Uncategorized .

Kategori Buku

 Cover Revisi final print_001 Kategori  : Buku Panduan
Penulis    : Ani Soetjipto, Sri Budi Eko Wardani, Yuna Farhan, Shelly Adelina, Yolanda Panjaitan, Wawan Ichwanuddin, Aditya Perdana, Hadi Prayitno
Halaman : 353
ISBN         : 978-979-19089-2-4
Penerbit :  Puskapol FISIP UI
Tahun     :  2014

Deskripsi Buku:

Buku Panduan ini hadir untuk mengisi ruang pembelajaran bagi anggota legislatif. Ada dua tujuan utama Puskapol UI menerbitkan Buku Panduan ini. Pertama, sebagai lembaga kajian di lingkungan akademik, ada tanggung jawab untuk menerbitkan referensi yang bermanfaat bagi para pengambil keputusan di tingkat nasional dan daerah. Kedua, ada kebutuhan strategis dalam memberikan panduan praktis dan strategis bagi anggota legislatif, khususnya bagi anggota perempuan, dalam menjalankan fungsi-fungsi utama lembaga legislatif. Selain memberikan penjelasan prosedur pelaksanaan fungsi, buku ini juga memberikan kerangka filosofis ketiga fungsi utama tersebut dan strategi penguatan anggota legislatif dalam melaksanakannya.

Buku panduan ini terdiri dari 6 bagian dan diterbitkakn pertama kali pada tahun 2008. Untuk keperluan penerbitan kembali pada 2014 ini, buku panduan mengalami revisi pada beberapa bagiannya. Bagian pertama ditulis Ani Soetjipto menguraikan tentang makna representasi dalam demokrasi perwakilan yang berkeadilan dan berkesetaraan. Bagian ini merupakan benang merah yang mengikat semua isi buku dengan memberikan dasar filosofis makna perwakilan yang diwujudkan dalam pelaksanaan tiga fungsi utama. Tiga bagian berikutnya mengulas tentang tiga fungsi utama legislatif, yaitu bagian dua tentang fungsi legislasi yang ditulis oleh Shelly Adelina dan Sri Budi Eko Wardani, lalu bagian tiga tentang fungsi anggaran yang ditulis oleh Yuna Farhan dan direvisi oleh Hadi Prayitno, lalu bagian empat tentang fungsi pengawasan yang ditulis oleh Sri Budi Eko Wardani dan direvisi oleh Yolanda Panjaitan. Setelah mengulas tiga fungsi utama, bagian kelima menjelaskan hubungan dengan konstituen yang ditulis oleh Yolanda Panjaitan dan Wawan Ichwanuddin. Bagian terakhir adalah parlementaria, ditulis oleh Aditya Perdana.

Terbaru

KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  NO PASANGAN CALON SUARA PARTAI PENDUKUNG 1 FATMAWATI RUSDI, SE ABDUL MAJID HAFID, SE., M. Si 67.470 38.98%... more ...

KABUPATEN PINRANG

  NO PASANGAN CALON SUARA PARTAI PENDUKUNG 1 IR. H. ABDUL LATIF, M.Si, MM, IPM H. USMAN MARHAM 81.087... more ...