Potret Keterpilihan Perempuan di Legislatif pada Pemilu 2009

February 16, 2015   puskapol ui     Category: Uncategorized .

Kategori Buku

 potret_keterpilihan Kategori  : Buku
Penulis    : Sri Budi Eko Wardani, Yolanda Panjaitan, Wawan Ichwanuddin, Ani Soetjipto, Didik Supriyanto, Mia Novitasari, Rintis Susanti
Halaman : 174
ISBN         : 978-979-19089-4-8
Penerbit :  Puskapol FISIP UI
Tahun     :  2013

IDR: 50.000,-

Deskripsi Buku:

Isu keterwakilan perempuan masih krusial untuk dibahas dengan berbagai alasan. Pertama, kalangan elit partai politik masih resisten terhadap kebijakan afirmatif, khususnya ketika aturan afirmatif dalam pendaftaran partai peserta pemilu dan pencalonan legislatif mulai diperketat oleh Komisi Pemilihan Umum. Partai politik masih dengan alasan yang sama kesulitan mencari kader perempuan, terutama di tingkat lokal, sehingga aturan 30% keterwakilan perempuan lebih dilihat sebagai beban.

Kedua, performa perempuan di legislatif secara umum belum memuaskan. Di satu sisi perempuan dihadapkan pada sejumlah kendala internal ketika memutuskan unutk berpolitik, dan berkelindan dengan variable eksternal yang juga tidak mendukung perempuan. Munculnya kasus-kasus korupsi yang dialami politisi perempuan menanbah sulit argumentasi bahwa perempuan membawa perubahan dalam dunia politik yang maskulin. Ketiga, deretan kebijakan nasional dan lokal yang mendiskriminasi perempuan cenderung meningkat dalam lima tahun ini, justru ketika ada peningkatan jumlah perempuan di legislatif. Situasi paradox ini tentu membutuhkan penjelasan, dan membutuhkan kerangka strategi baru dalam mempromosikan keterwaikan politik perempuan ke depan.

Buku ini merupakan potret keterpilihan perempuan di legislatif hasil pemilu 2009. Puskapol UI melakukan riset pengumpulan data perolehan kursi perempuan di DPR, DPRD Provinsi, hingga DPRD Kabupaten/ Kota yang bertujuan mendokumentasikan gambaran keterwakilan politik perempuan di Indonesia. Buku ini juga melampirkan informasi tentang jumlah kursi perempuan dan jumlah partai politik peraih kursi di seluruh Indonesia. Harapan kami agar buku ini bermanfaat bagi para pegiat isu perempuan dan politik, pemilu dan demokrasi, para pengambil kebijakan, pegiat partai politik, dan para perempuan yang terjun ke dunia politik.

Terbaru

KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  NO PASANGAN CALON SUARA PARTAI PENDUKUNG 1 FATMAWATI RUSDI, SE ABDUL MAJID HAFID, SE., M. Si 67.470 38.98%... more ...

KABUPATEN PINRANG

  NO PASANGAN CALON SUARA PARTAI PENDUKUNG 1 IR. H. ABDUL LATIF, M.Si, MM, IPM H. USMAN MARHAM 81.087... more ...