Publikasi Hasil Riset Indeks Demokrasi Asia: Kasus Indonesia Tahun 2014

December 12, 2014   puskapol ui     Category: Press Release .

Publikasi Hasil Riset
Indeks Demokrasi Asia: Kasus Indonesia Tahun 2014
Politik Meningkat, Ekonomi Memburuk,
Masyarakat Sipil Stagnan
12 Desember 2014

 

PUSKAPOL UI (Pusat Kajian Politik – Departemen Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia) yang tergabung dalam Konsorsium Indeks Demokrasi Asia pada tahun ini kembali melakukan riset tentang Indeks Demokrasi Asia kasus negara Indonesia.

Setidaknya ada tiga alasan mengapa asesmen demokrasi menjadi penting. Pertama, untuk melihat sejauh manakah sebenarnya terjadi kemajuan (atau justru kemunduran) dalam proses demokrasi di Indonesia. Dimanakah masalah-masalah utama yang dihadapi dalam demokratisasi yang sedang berlangsung. Kedua, seperti dikatakan sejumlah ahli, demokrasi adalah proses menjadi yang berlangsung secara terus menerus. Oleh karena itu perhatian pada konteks menjadi sangat penting. Sebagai negara yang lama dikendalikan oleh pemerintahan otoriter yang sarat perselingkuhan bisnis dan politik, dan dikelola secara sentralistik, maka penting mengamati transisi dari sifat otoritarian ke demokrasi. Ketiga, salah satu gugatan krusial dari proses demokrasi Indonesia selama 14 tahun terakhir ini adalah kegagalannya memberikan kesejahteraan bagi rakyat. Pertanyaan penting yang perlu dijawab adalah sejauh mana dan bagaimana pelembagaan demokrasi bermanfaat bagi kesejahteraan bersama.

Selengkapnya Download disini:

Press Release

PPT

Terbaru

POLITIK IDENTITAS DALAM KAMPANYE PEMILU 2019

POLITIK IDENTITAS DALAM KAMPANYE PEMILU 2019 Masa kampanye Pilpres 2019 seyogianya menjadi sarana bagi masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai... more ...

Caleg Laki-Laki dan Perempuan Potensial Terpilih 2019-2024

Caleg Perempuan Potensial Terpilih 2019-2024 Caleg Laki-Laki Potensial Terpilih 2019-2024 more ...