[RILIS MEDIA] ANALISIS PEROLEHAN KURSI PEMILU DPR DAN DPD RI TAHUN 2019: KEKERABATAN DAN KLIENTELISME DALAM KETERWAKILAN POLITIK

May 27, 2019   puskapol ui     Category: Press Release .


Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menetapkan perolehan suara dalam Pemilu Serentak (Pilpres, Pileg DPR, DPD, dan DPD Provinsi/Kab/Kota) pada tanggal 21 Mei 2019.

Meski diwarnai dengan perdebatan yang diajukan oleh sebagian peserta pemilu, penetapan hasil Pemilu Serentak ini menandai tahapan yang penting telah selesai dan bergeser ke tahapan berikutnya yaitu proses perselisihan hasil pemilu. Namun demikian, tentu publik perlu mengetahui lebih banyak wajah yang akan menghiasi Kompleks Parlemen di Senayan nanti.

Bagaimana wajah DPR-RI dan DPD-RI hasil Pemilu 2019 ini? Bagaimana pula latar belakang keterpilihan calon anggota legislatif pada Pemilu ini? Bagaimana faktor kekerabatan dan klienetlisme mempengaruhi keterpilihan calon anggota legislatif?

Rilis media ini akan menjelaskan hasil perolehan kursi sementara dari Pemilu Legislatif 2019, serta menampilkan analisis Puskapol UI terkait potret keterpilihan calon anggota legislatif.

Data yang kami kumpulkan bersumber dari hasil keputusan KPU RI yang disahkan pada tanggal 21 Mei 2019. Ada kemungkinan terjadi perubahan data mengingat adanya proses perselisihan hasil suara yang saat ini mulai berjalan di Mahkamah Konstitusi. Dengan demikian, untuk menghormati proses perselisihan hasil suara di Mahkamah Konstitusi, kami tetap mengajak semua pihak untuk memandang analisis kami ini sebagai prediksi dan bersifat sementara.

catatan: ada revisi/perubahan data terkait informasi daftar 10 besar calon anggota legislatif perempuan yang memperoleh suara terbanyak di DPR-RI.

DOWNLOAD FILE:

FILE RILIS MEDIA

FILE PPT

Terbaru

Lunch Talk BeritaSatu TV (Selasa, 28 Mei 2019): Srikandi di Panggung Parlemen

Caleg perempuan terpilih yang melenggang ke kursi parlemen di Senayan pada pileg tahun ini menyentuh angka 20,5 persen. Angka... more ...

[RILIS MEDIA] ANALISIS PEROLEHAN KURSI PEMILU DPR DAN DPD RI TAHUN 2019: KEKERABATAN DAN KLIENTELISME DALAM KETERWAKILAN POLITIK

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menetapkan perolehan suara dalam Pemilu Serentak (Pilpres, Pileg DPR, DPD, dan... more ...